Jumat, 21 November 2014

Kaaf dan Nuun (kun=jadilah)

Doa KUN

Dengan Asma’ Allah yang menyinari sinar diatas sinar, Segala puji bagi Allah Pencipta nur dan menurunkan kitab Taurat diatas gunung Thurdi dalam kitab yang tertulis, Segala Puji bagi Allah Yang Disebut kaya dengan kemulyaan dan keagungan yang dikenal dan atas senang dan susah yang disyukuri dan segala puji bagi Allah yang menciptakan langit dan bumi dan menjadikan gelap dan terang.

Ya Allah, Dzat Yang banyak pemberiannya dan Yang selalu bertemu, Yang bagus perbuatannya, Pemberi rezeki hamba-hambaNya pada setiap keadaan, hai Dzat Pencipta pertama kali dengan tidak melalui contoh, hai Dzat yang langgeng, yang tidak akan binasa, selamatkanlah kami dari kufur dan tersesat dengan : La ila ha illallah Muhammadur Rasulullah SAW. 

Ya Allah, Ya Tuhanku, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Malik, Ridwan, Kiraman Khatibin, Harut dan Marut. Wahai Tuhan yang menciptakan Iblis makhluk terlaknat, Wahai Tuhan pencipta langit dan bumi yang maha mengetahui hal-hal gaib dan nyata, Maha Suci Dzat yang menghilangkan kesusahan orang yang menderita kesusahan, Maha Suci Dzat yang menjadikan perbendaharaan perbendaharaan Nya antara Kaaf dan Nuun, Maha Suci Dzat yang jika menghendaki segala sesuatu hanyalah berkata kepadanya : "Kun Fa Yaa Kuun", "'Jadilah' maka terjadilah ia"; Wahai Dzat Yang Maha Melimpahkan, limpahkanlah keberkahan kepadaku, terhadap harta yang aku dapatkan dan limpahkanlah keberkahan terhadap harta yang aku berikan untuk ku dan keluargaku. 

Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Ya Allah berikanlah ridho MU agar aku menjadi Pemegang Harta Amanah Dunia dan jadikanlah aku seorang yang selalu Amanah di Dunia & di Akhirat caranya bagaimana itu: aku serahkan kepada MU, ENGKAU lah DZAT Yang Maha Kuasa, kabulkanlah doaku barokahilah pemberian MU. 

Ya. Allah Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah. Sesungguhnya Engkau menunjukan jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki. 

Allah yang memiliki singgasana yang Maha Mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasad tubuhku , kabulkan hajatku, perbanyakkanlah harta bendaku dan anakku (pengikutku), cintakanlah semua manusia dan jauhkanlah permusuhan dari anak cucu Nabi Adam a.s., orang-orang yang masih hidup (dihatinya) dan semoga tetap ancaman siksa bagi orang-orang kafir. Ya Allah berilah keselamatan, kesehatan, kewarasan, hidayah dan umur yang panjang kepada ku, istriku, anak-anakku, ibu bapakku, ibubapak mertuaku dan adik-adikku.

Ya Allah KUN Ya Allah.

Kaf Ha Ya ‘Ain Shaad, Ha Mim ‘Ain Sin Qaf, hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan memohon pertolongan, hai Dzat Yang Hidup Tegak Kokoh, Allah Yang sangat belas kasihan kepada hamba-Nya, memberi rezeki kepada siapa saja yang dia kehendaki, Dia sangat kuat dan mulia, hai Dzat Yang mencukupi segala sesuatu, cukupilah aku dan palingkanlah dariku segala sesuatu yang buruk dengan kekuasaanMu yang baik, bahwasanya Engkau berkuasa atas segala-galanya.

Ya Allah, dengan hak La ila ha illallah dan kemuliaannya, hak kursi dan keluasannya, hak ‘Arsy dan keagungannya, hak kalam dan berjalannya, hak Lauh Mahfudh dan penjaga-penjaganya, hak Timbangan (Mizan) dan dua matanya, hak Shirat dan kelembutannya, dengan hak Jibril dan kejujurannya, hak Mikail dan belas kasihnya, hak Israfil dan terompetnya, hak Izrail dan terpilihnya, hak Ridlwan dan surganya, hak Malik dan nerakanya, hak Adam dan terpilihnya, hak Ibrahim dan terpilihnya sebagai khalilullah, hak Ishak dan keagamaannya, hak Isma’il dan disembelihnya, hak Ya’kub dan kedukaannya, hak Yusuf dan terasingnya, hak Musa dan ayat-ayatnya, hak Harun dan kehormatannya, hak Hud dan kewibawaannya, hak Shaleh dan untanya, hak Luth dan pemikirannya, hak Yunus dan ajakannya, hak Danial dan karomahnya, hak Zakariya dan kesuciannya, hak Isa dan kejiwaannya dan dengan hak Muhammad yang terpilih menjadi kekasihNya dan dengan syafa’at ‘Udhmanya SAW.

Tidak ada Tuhan yang lain kecuali Allah, kepadaNya aku bertawakkal, Dia pengurus ‘Arsy yang Agung. Allah-lah yang mencukupi aku, sebaik-baik Pelindung, Pengurus dan Penolong. Tidak ada daya kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Agung.

Ya Allah mudahkanlah aku dalam mencari rezeki yang hallal dan segerakanlah untuk mendapatkannya Wahai ZAT yang Maha Mengabulkan. Ya Allah sesungguhnya tidak ada biji-bijian di langit, tetes air di laut, tanah di gunung, debu di pasir, daun di pepohonan, gerakan di badan, kata hati di hati, melainkan semua itu ENGKAU yang mengetahuinya dan bagi MU adalah saksi serta bukti di Peradilan MU, di kerajaan MU mereka sebagai orang asing lagi bingung, dan dengan kekuasaan MU ENGKAU tundukkan hati ahli bumi dan langit, Ya Allah tundukkanlah kepada ku hati semua makhluk sesungguhnya ENGKAU adalah ZAT yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah kasihanilah kefakiranku, tutupilah kekuranganku, jadikanlah belas kasih-MU dalam urusanku ciptakanlah untukku lisan yang besar, jadikanlah kefahaman untuk menyampaikan dan berbicara dengan benar dan bertindak sesuai dengan sunah dan kitab (AL QURAN). Ya Allah ingatkanlah bilamana aku lupa, bangunkanlah jika aku lengah, ampunilah bila aku melakukan kemaksiatan, terimalah baktiku dan berikanlah Rahmat-MU kepadaku, sesungguhnya ENGKAU adalah ZAT yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, sinarilah hatiku dengan Kitab MU, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lepaskanlah lisanku, hilangkanlah kesusahanku, sinarilah hatiku, muliakanlah isi hatiku dengan cinta dan kefahaman, berilah aku rezeki, Alquran Ilmu dan Akal. Wahai ZAT yang Maha Mengabulkan segala hajat muliakanlah aku dengan kebajikan-kebajikan, Tidak ada daya kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Agung.

Ya Allah Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang patut disembah hanya Engkau yang menjadikan aku. Aku hambaMu dan aku dalam genggamanMu, aku dalam perjanjian beriman dan berta’at kepadaMu sekedar kesanggupan yang ada padaku. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui atas dosaku, aku mohon keampunanMu, tidaklah ada yang dapat mengampuni dosa seseorang, hanya Engkaulah hai Tuhanku.

Ya Allah, aku memohon demi rahmat-Mu yang mencakup segala sesuatu; dan demi kekuatan-Mu yang menundukkan segalanya; dan segalanya tunduk dan hina di hadapan kekuatan-Mu; dan dengan jabarut-Mu yang mana Engkau memenangkan segala sesuatu dengannya; dan dengan kemuliaan-Mu yang mana tidak ada satupun yang bisa berdiri menandinginya; dan dengan keagungan-Mu yang telah memenuhi segala sesuatu dan dengan kekuasaan-Mu yang lebih tinggi dari segala sesuatu; dan demi wajah-Mu yang kekal setelah fananya segala sesuatu; dan dengan nama-nama-Mu yang telah memenuhi rukun segala sesuatu; dan dengan ilmu-Mu yang meliputi segala sesuatu; dan dengan cahaya wajah-Mu yang karenanya segala sesuatu tersinari. Wahai Yang Maha Suci, wahai dzat Yang Lebih Awal dari segala yang awal, dan Lebih Akhir dari segala yang akhir. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang telah mengoyak tirai penjaga. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku yang telah menurunkan amarah-Mu. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang telah merubah nikmat-nikmat. Ampunilah dosa-dosaku yang telah menghalangi naiknya doa kepada-Mu. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku yang telah menurunkan bencana. Ya Allah ampunilah segala dosa yang telah aku kerjakan dan segala kesalahan yang telah daku lakukan. Ya Allah, sungguh aku mendekatkan diri pada-Mu dengan berdzikir pada-Mu, dan aku meminta syafa’at dari diri-Mu untuk meraih-Mu, dan aku memohon kedermawaan-Mu agar mendekatkan diri ini padamu. Lalu Kau karuniakan aku syukur, mengilhamkanku dzikir.

Ya Allah, sungguh aku memohon pada-Mu dengan permohonan orang yang rendah, hina, khusyu’, agar Kau memaafkan aku, merahmatiku, dan menjadikanku ridha dan merasa cukup dengan pemberian-Mu. Juga jadikan aku senantiasa rendah hati dalam setiap keadaan. Ya Tuhanku, aku meminta dari-Mu dengan permintaan orang yang begitu besar kebutuhannya, yang telah meluapkan segala kebutuhannya pada-Mu saat terdesak, yang juga besar harapannya terhadap apa yang ada di sisi-Mu. Ya Allah, begitu agung kuasa-Mu dan tinggi tahta-Mu. Sungguh samar makar-Mu, dan nampak perkara-Mu. Kekuatan-Mu selalu menang dan juga kudrat-Mu. Tak mungkin ada yang bisa lari dari kekuasaan-Mu. Ya Allah Tuhanku, aku tidak menemukan selain Engkau yang dapat memaafkan dosa-dosaku, dan tidak pula yang dapat menutupi keburukan-keburukanku. Juga tiada lagi selain-Mu yang bersedia membalas dengan kebaikan atas keburukan yang telah kulakukan. Benar tiada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku telah zalim pada diriku sendiri. Telah lancang karena kebodohanku. Aku lalai karena merasa nyaman karena Engkau selalu mengingatku dan mengasihiku. Ya Rabbi ya Tuhan, betapa banyak keburukanku yang telah Kau tutupi, Betapa banyak bala dan bencana yang telah Kau hindarkan dariku, Betapa sering Engkau mencegahku tergelincir, Betapa Engkau menjagaku dari keburukan, Betapa sering pula Engkau menebar pujian-pujian untukku yang padahal aku tidak pantas mendapatkannya, Ya Allah, keterlaluan sudah buruknya keadaan hamba-Mu, sedikit sekali amalku, keterikatanku pada dunia telah mengekangku di sini, angan-angan panjangku telah menahanku dari apa-apa yang dapat menguntungkanku. Dunia telah menipuku dengan tipuan-tipuannya! Dan diriku terlumuri dosa dan keburukannya, lalu tinggal cukup lama di dalamnya. Wahai Tuhanku, kini aku memohon pada-Mu demi kemuliaan-Mu jangan Engkau berpaling dari doaku dikarenakan buruknya amal perbuatanku. Jangan pula Kau buka aib yang telah kulakukan saat aku sendiri. Jangan terburu-buru menurunkan hukuman padaku atas apa yang telah kulakukan di saat sepi, termasuk perbuatan-perbuatan burukku, keterlaluanku dan kebodohanku, tingginya syahwatku dan kelalaianku. Tetaplah selalu sayang padaku demi kemuliaan-Mu dalam setiap keadaan, dan juga mengasihiku dalam segala perkara. Ya Ilahi wahai Tuhanku, siapa lagi untukku selain-Mu? Yang dapat kuminta agar menyingkirkan keburukanku dan menoleh pada masalah-masalahku. Ya Allah Tuhanku,  Aku mendatangi-Mu wahai Tuhanku setelah segala kesalahan dan keterlaluanku atas diriku ini dengan meminta maaf, menyesal, patah hati, beristighfar, bertaubat, mengaku atas dosa-dosaku. Aku tidak menemukan jalan untuk lari dan berlindung ketakutan. Aku menuju-Mu dalam masalah ini agar Kau menerima uzurku, memasukkanku ke dalam rahmat-Mu. Ya Allah, terimalah maaf ini kasihanilah hamba yang sangat buruk ini. Bebaskan aku dari belenggu dosaku. Ya Rabbi, kasihani tubuhku yang lemah ini, kulitnya yang tipis, dan tulangnya yang rapuh. Wahai yang memulai penciptaanku dan mendidikku, lalu berbuat baik padaku dan menghidupiku, berilah kembali kebaikan-Mu itu sebagaimana yang lalu. Ya Ilahi wahai Tuhanku, Aku ingin menjadi hamba Mu yang selalu Lidahnya mengucap tulus akan keesaan-Mu; hamba yang telah memuji-Mu karena mensyukuri-Mu; hamba yang mengaku di hatinya bahwa Engkau benar-benar Tuhannya; hamba yang hatinya penuh pengetahuan tentang-Mu hingga merasa takut; hamba yang tubuhnya bergegas dihantarkan menuju tempat ibadah-Mu dengan penuh kerinduan; dan mengisyarahkan istighfarnya dengan penuh harapan pengampunan. Aku sering sekali mendengar tentang kemurahan-Mu. Wahai Yang Maha Pemurah waha iRabb-ku. Engkau tahu jelas betapa lemahnya aku yang tidak mampu bertahan atas musibah di dunia dan hukuman yang sedikit ini, atas segala yang menimpa penduduknya dari kesusahan-kesusahan. Padahal musibah dan kesusahan itu hanya sedikit, sebentar, dan pendek masanya. dan Pastilah daku tidak akan mampu bertahan dalam musibah dan siksa di akhirat dan segala hukuman yang ada di sana. Ya Allah Ya Tuhanku, maka aku memohon dengan kekuatan yang telah Kau kudratkan, dan dengan keputusan yang telah Kau putuskan dan pastikan, dan telah Kau menangi siapapun yang Kau berlakukan itu atasnya, agar Kau memberikan daku di saat ini, dan detik ini juga, anugrah maaf atas segala kejahatan yang telah kujalani, juga dosa yang telah kulakukan, keburukan yang telah kusembunyikan, dan segala kebodohan yang telah kulakukan; baik diam-diam atau terang-terangan; kusembunyikan atau kutampakkan; dan segala nista yang telah kau perintahkan para malaikat mulia untuk mencatatnya, yang Kau percaya untuk mengingat apa yang telah kukerjakan dan Kau jadikan mereka saksi atas apa yang dilakukan anggota tubuhku. Engkau juga selalu ada di belakang mereka, dan menyaksikan apa yang tidak mereka saksikan. Karena rahmat-Mu pula semua keburukan itu Kau tutupi. Aku juga memohon agar memenuhi nasibku ini dengan segala kebaikan yang Kau turunkan, cinta dan kasih sayang yang Kau anugerahkan; lingkupi aku dengan kebaikan yang Kau tebar, rizki yang kau gelar, pengampunan atas dosa, juga tutupi kejelekanku ini. Ya Rabbi, ya Rabbi, ya Rabbi. Ya Allah wahai Tuhanku, Tuanku, dan pemilik diriku, wahai yang menguasai ikhtiarku, wahai yang tahu buruk dan malangnya aku, wahai yang mendengar fakir dan miskinnya hambamu ini, ya Rabbi, ya Rabbi, ya Rabbi, aku memohon pada-Mu demi hak-Mu, kudus-Mu, dan sifat-sifat agung-Mu… juga dengan nama-nama-Mu, agar Kau jadikan waktu-waktuku di malam dan siang hari penuh dengan dzikir pada-Mu khidmat untuk-Mu selalu, dan Kau terima amal-amalku; sehingga segala yang kulakukan bagaikan wirid-wirid yang satu, dan aku selalu dalam keadaan berkhidmat untukmu. Wahai Allah Tuhanku, wahai tempatku mengadukan kondisiku, ya Rabbi, ya Rabbi, ya Rabbi, kuatkanlah tubuh hambamu untuk berkhidmat, kokohkan tekatku, berilah aku kesungguhan dalam berkhusyuk, istiqamah untuk selalu terus menerus berkhidmat, sehingga aku dapat bergegas menuju-Mu di medan-medan para kekasih-Mu yang menuju, menyusul menjadi yang terdepan, merindukan kedekatan dengan-Mu seperti para perindu lainnya, menjadi lebih dekat sebagaimana orang-orang yang ikhlas, takut akan azab-Mu seperti takutnya mereka yang yakin, lalu aku berkumpul di sisi-Mu dengan orang-orang yang beriman. Ya Allah, siapapun yang menginginkan keburukan untukku maka tolaklah, siapapun yang dengki padaku dengkilah padanya, dan jadikan aku hamba yang paling bagus nasibnya di sisi-Mu dan paling dekat kedudukannya dengan-Mu, yang paling istimewa martabatnya di hadapan-Mu. Sungguh itu semua tidak akan dapat digapai
kecuali dengan karunia-Mu. Bermurah hatilah padaku dengan kemurah-hatian-Mu, torehkan perhatian-Mu padaku dengan keagungan-Mu dengan rahmat-Mu jadikan lidah ini senantiasa menyebut-Mu dengan nyata, dan hatiku penuh cinta-Mu karuniakan daku jawaban doa, kurangi ketergelinciranku, ampuni kesalahanku. Sesungguhnya Engkau telah memerintahkan hamba-hamba-Mu untuk menyembah-Mu, menyuruh mereka berdoa, dan Kau janjikan jawaban serta ijabah maka kini kutengadahkan wajahku pada-Mu, dan kepada-Mu ya Tuhan kuangkat kedua tanganku, demi kesucian-Mu, jawablah doaku ini, sampaikan aku kepada harapanku, jangan Kau potong harapan ini terhadap kemurahan-Mu, jagalah aku dari keburukan jin dan manusia, dari golongan musuh-musuhku… Wahai Tuhan yang cepat ridha-Nya, ampuni hamba yang tidak memiliki apapun selain doa. Sesungguhnya Engkau maha melakukan apapun yang Kau inginkan. Wahai yang nama-Nya adalah obat, dan mengingat-Nya adalah kesembuhan, taat padanya adalah kekayaan, kasihi orang yang modalnya hanya harapan, senjatanya adalah tangisan, wahai yang selalu memberi nikmat, mencegah keburukan, wahai cahaya orang yang mencari pelita di kegelapan, wahai yang mengetahui tanpa diberi tahu, curahkanlah shalawat-Mu pada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan perlakukan daku sebagaimana menurutmu layak Kau perlakukan. 
Ya Tuhan kami, berilah kebaikan kepada kami di dunia dan akherat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka. Maha Suci Allah Tuhan Yang Maha Mulia dari sifat-sifat yang di berikan oleh orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan bagi para Rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. 

Yaa Wakil, Kaaf dan Nuun (kun=jadilah)

Tidak ada komentar: